Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impor Daging Sapi Sebaiknya Tender

Kompas.com - 15/02/2013, 16:17 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk menghindari berbagai bentuk praktik kecurangan dalam proses importasi daging sapi, sebaiknya digunakan sistem tender.

Sistem tersebut akan lebih transparan dan terbuka, serta mengedepankan kepentingan masyarakat yakni dalam memperoleh daging sapi dengan harga lebih murah.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, saat berkunjung ke Kompas, Jumat (15/2/2013).

"Jadi nggak perlu lagi pakai sistem kuota dan penunjukkan. Lakukan dengan sistem tender yang serba terbuka dan transparan. Importir yang bisa menyediakan daging harga termurah dan kualitas terjaga, maka dialah yang akan terpilih," katanya.

Menurut dia, sistem tender tersebut mengedepankan kepentingan rakyat karena harga daging akan lebih terjangkau. Sistem itu juga menghindari kongkalikong karena dilakukan secara transparan dan terbuka.

"Sistem tendernya bisa secara online, sehingga tidak ada tatap muka antara pejabat dan pelaku usaha," ujarnya. Gita mengatakan, harga daging sapi di dalam negeri saat ini masih cukup tinggi yakni sekitar Rp 85.000-Rp 90.000 per kilogram.

Harga tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan harga daging di negara-negara tetangga sekitar. Tanpa intervensi pemerintah, harga daging tidak akan turun dan bahkan bisa melaju lebih tinggi.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com