Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebenarnya Tak Ada Kemelut di Demokrat

Kompas.com - 13/02/2013, 16:02 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com -- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Magelang, Sad Priyo Putro menyatakan, kemelut yang menerpa elit Partai Demokrat (PD) di pusat saat ini tidak mempengaruhi kader di daerah. Setidaknya hal itu terlihat dari para kader PD Kabupaten Magelang yang masih kompak.

"Sebenarnya tidak ada kemelut di antara kami, hanya saja ada beberapa hal yang harus dibenahi di intern PD. Akan tetapi hal itu sama sekali tidak mempengaruhi kami yang di daerah," tutur Sad Priyo, Rabu (13/2.2013).

Karena menurut Sad Priyo, kader-kader Partai Demokrat hanya fokus bekerja melayani rakyat, dan tidak terlena dengan opini-opini publik yang bermunculan dalam menyikapi kondisi PD di tingkat pusat.

Sad Priyo menyebutkan, setidaknya ada enam Fraksi Demokrat di DPRD Kabupaten Magelang yang masih solid, dan selalu menggelar konsolidasi dengan melibatkan akar rumput. Pihaknya juga menyatakan, dukungan penuh atas langkah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Majelis Tinggi PD yang mengambil kendali Demokrat demi penyelamatan dan peningkatan elektabilitas partai.

"Beliau kan pimpinan tertinggi, jadi langkah apapun yang diambil demi membangun partai dan meningkatkan elektabilitas partai, kami yang di daerah akan manut," tandas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang itu.

"Saya sendiri malah heran dengan orang-orang di luar partai yang seperti kebakaran jenggot menanggapi apa yang terjadi pada intern PD, wong kita sendiri adem ayem," tambahnya.

Mengenai posisi Anas Urbaningrum, Sad Priyo menyatakan DPC Partai Demokrat Kabupaten Magelang masih memberikan dukungan pada mantan Ketua Umum PB HMI tersebut. Hanya saja, jika memang terbukti bersalah, Anas harus turun dari posisi ketua umum.

"Pak SBY kan sudah menyampaikan, siapapun orangnya, begitu jadi tersangka, harus dilepas (jabatannya)," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Hasan Suryoyudho, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Magelang, yang menyatakan bahwa kisruh yang terjadi di tingkat pusat tidak membuat kader PD di Kota Magelang terpecah belah. Pihaknya mendukung apa yang sudah menjadi keputusan tertinggi pada PD demi perbaikan intern PD sendiri.

"Apa yang terjadi di pusat tidak ada pengaruhnya dengan kami yang di Kota Magelang. Kami harus menghormati keputusan tertinggi PD demi perbaikan PD ke depan," ujarnya saat dihubungi via telepon.

Pihaknya juga tidak terlalu mempermasalahkan siapapun nantinya yang akan mempimpin PD pusat. Baik SBY maupun Anas Urbaningrum, kata Hasan, adalah sama-sama pemimpin PD yang baik dan memiliki kredibilitas yang tinggi.

Diberitakan sebelumnya, pada Jumat (8/2/2013) malam, SBY menyatakan mengambil alih kepemimpinan Partai Demokrat. SBY juga meminta agar Anas fokus pada kasus hukum yang saat ini tengah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sementara Anas Urbaningrum menilai, tak tepat kata "nonaktif" digunakan untuk menggambarkan kondisinya saat ini. "Bukan dinonaktifkan sebagai ketua umum, tidak ada penonaktifan," ujar Anas di kediamannya di Jalan Teluk Langsa, Duren Sawit, Sabtu (9/2/2013) pagi.

Selengkapnya, ikuti di topik pilihan:
Kemelut Demokrat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com