Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anas, Setelah Rapat Cikeas

Kompas.com - 11/02/2013, 02:12 WIB

Bendera Partai Demokrat sudah terpasang di jalan-jalan di Kota Serang menuju Kabupaten Lebak, Banten, sejak Jumat (8/2) malam. Tersiar kabar, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan menghadiri beberapa acara di Lebak. Dan, sejak Jumat petang, sudah ada kepastian Anas hadir.

Namun, keraguan muncul pada Jumat malam setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat menggelar rapat terkait upaya penyelamatan partai di kediamannya, Cikeas, Bogor. SBY menyampaikan, tugas, wewenang, dan tanggung jawab menyelamatkan partai diambil langsung. Anas diminta fokus menghadapi masalah hukum yang diduga menjeratnya.

Pidato yang disiarkan secara langsung sejumlah stasiun televisi swasta nasional itu pun sontak membuat banyak kalangan bertanya-tanya, apakah Anas jadi datang ke Lebak yang sudah disiapkan sejak lama?

Ternyata, Anas tetap datang ke Lebak. Rombongan Anas tiba di Rangkasbitung sekitar pukul 11.00. Setelah beristirahat sebentar, rombongan Anas berangkat ke Desa Gunung Anten, Kecamatan Cimarga, untuk mengikuti acara penanaman bibit kedelai.

Kedatangan Anas bersama Ketua Departemen Pertanian DPP Partai Demokrat Herman Chaeron, Ketua DPC Partai Demokrat Lebak Iti Octavia Jayabaya, dan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya disambut meriah warga. Pada acara itu, sesekali terdengar teriakan, ”Hidup Anas!”

Selesai menanam bibit kedelai, Anas menuju Gedung Joeang 45 di Rangkasbitung untuk menghadiri pelantikan Pengurus Anak Cabang Se-Kabupaten Lebak dan deklarasi pasangan calon bupati-wakil bupati Lebak dari Partai Demokrat, Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi.

Mantan Ketua Umum PB HMI itu pun berupaya mengobarkan semangat para kader. Dalam pidatonya, dia menyatakan kebanggaan atas optimisme kader dalam memperjuangkan partai. ”Saya menjadi saksi langsung, ternyata kader-kader partai di Lebak bukan kader yang pesimis. Semua penuh optimis, dan optimisme adalah energi mental penting dalam politik. Kalau optimis, tantangan, ujian, bisa dilewati, bahkan bisa naik kelas di masa-masa yang akan datang,” katanya.

Anas juga mengaku bangga bisa menjadi saksi kader-kader solid, kompak, bersatu, dan siap berjuang bersama. ”Kalau solid, utuh, dan kompak, jadi modal politik penting untuk maju,” ujarnya.

Selain yel-yel pengobar semangat, permintaan doa para kader juga disampaikan para petinggi Partai Demokrat. ”Doakan agar Pak Anas diberi kekuatan dan kesabaran,” kata Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Banten Baihaqi saat mengakhiri pidatonya. (ANITA YOSSIHARA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com