Kompas.com - 23/01/2013, 19:29 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, yang telah surut, Selasa (22/1/2013), membuat warga sedikit merasa lega. Namun, belum sempat kelegaan itu bertahan lama, banjir akibat luapan air Sungai Ciliwung, kembali terjadi.

Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu mengungkapkan, banjir yang datang pada Rabu (23/1/2013) siang memang tak sebesar banjir sebelumnya. Banjir kali ini hanya setinggi 20 centimeter hingga 80 centimeter saja. Itu pun telah cukup membuat warga kesal karena belum sempat membersihkan rumah dari sisa banjir lalu.

"Sampai sore ini ketinggian muka air Sungai Ciliwung di bantaran Kampung Pulo naik lagi 20 hingga 50 centimeter," ujarnya kepada wartawan di lokasi banjir, Rabu sore.

Bambang menjelaskan, banjir itu tidak merata di seluruh wilayah di Kampung Pulo, hanya menggenangi rumah yang bersebelahan dengan aliran sungai saja, antara lain RT 03 dan RT 04. Meski banjir ringan melanda, warga Kampung Pulo yang sebelumnya mengungsi, tidak kembali ke posko pengungsian. Mereka memilih untuk bertahan di rumah mereka yang telah porak-poranda diterjang banjir hampir satu minggu. Mereka membersihkan rumahnya dari lumpur sisa-sisa terjangan banjir yang telah berlalu.

"Tapi masih ada kendala. Kalau siang, warga ke rumahnya bebersih, tapi kalau malam mereka suka ke luar, enggak tahan sama bau rumahnya. Mereka lalu menempati RS Hermina," ujarnya.

Warga Kampung Pulo, kata Bambang, saat ini membutuhkan peralatan untuk membersihkan rumah, seperti lap pel, karbol, pembersih lantai dari karet dan sarung tangan. Lumpur yang menggenangi rumah warga terlihat tebal dan sulit dibersihkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.