Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar Keok, Emas Kembali Unjuk Gigi

Kompas.com - 14/01/2013, 12:04 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pergerakan harga emas menanjak pada transaksi awal pekan (14/1/2013) ini. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pagi tadi, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat naik sebesar 0,3 persen menjadi 1.667,93 dollar AS per troy ounce. Pada pukul 11.20 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di level 1.664,03 dollar AS per troy ounce.

Sepanjang pekan lalu, harga emas sudah naik 0,4 persen. Ini merupakan kenaikan mingguan pertama sejak 23 November lalu. Sementara, harga kontrak emas untuk pengantaran Februari naik 0,2 persen menjadi 1.664,20 dollar AS per troy ounce di Comex, New York.

Kenaikan harga emas hari ini terjadi setelah Federal Reserve Bank of Chicago President Charles Evans bilang bahwa bank sentral AS harus tetap mempertahankan kebijakan yang akomodatif untuk menyokong perekonomian saat pemerintah AS memangkas anggaran belanjanya.

Selain itu, pergerakan harga emas juga dipicu oleh pelemahan dollar AS sebesar 0,5 persen versus euro menjadi 1,3404 dollar AS pada hari ini. Ini merupakan level terlemah dollar dalam 10 bulan terakhir.

"Kami tidak bisa melihat adanya upaya penguatan dollar AS. hal itu akan menyokong harga emas," jelas David Lennox, analis Fat Prophets di Sydney.

Di sisi lain, kepemilikan fisik emas pada exchange traded products berada di posisi 2.619,91 metrik ton pada 11 Januari lalu. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com