Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Cagub Sulsel, Massa Pendukung Dipisah

Kompas.com - 10/01/2013, 14:37 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Jelang debat kandidat pasangan colon gubernur Sulsel di gedung Celebes Convention Center (CCC), Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar ditutup total. Masyarakat dilarang melintas yang dijaga ketat oleh aparat kepolisian dan di jalan itu dibentangkan berikade kawat berduri.

Di Jalan Metro Tanjung Bunga dibentangkan barikade kawat berduri dan dijaga ketat aparat kepolisian. Yang boleh melintas hanya pasangan calon dan beberapa simpatisan serta wartawan yang mengantongi kartu pengenal khusus yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel.

Selain itu juga, terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan di Kota Makassar yang menjadi tempat berkumpul ribuan simpatisan masing-masing pasangan calon gubernur Sulsel.

Jalan yang macet, antara lain Jalan Maipa yang menjadi tempat berkumpul massa pasangan cagub nomor urut 1 Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA).

Sementara itu massa calon petahana, bernomor urut 2, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) memenuhi Jalan Hadji Bau. Kemacetan juga terjadi di Jalan Pelita yang dijadikan tempat berkumpul massa pasangan nomor 3, Rudiyanto Asapa-Nawir Pasinringi (Garudana).

Satu persatu pasangan calon sudah berdatangan di gedung CCC. Pasangan calon gubernur Sulsel yang pertama datang yakni Garudana, lalu disusul pasangan IA dan pasangan petahana Sayang. Setiap pasangan cagub-cawagub mendapat kawalan ketat aparat kepolisian yang dilengkapi kendaraan taktis barakuda.

Kepolisian juga menyiapkan bus untuk membawa massa setiap calon ke gedung CCC. Namun jumlahnya dibatasi, yakni hanya 25 orang per pasangan. Selebihnya hanya menunggu di tempat-tempat terpisah yang disiapkan Kepolisian.

Debat kandidat dan penutupan Jalan Metro Tanjung Bunga tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat. Seperti aktivitas di RS Internasional Siloam tetap berjalan lancar dan bahkan sejumlah personel kepolisian disiagakan di tempat tersebut.

Apresiasi pada aparat Kepolisian disampaikan oleh Quality, Safety, and Risk Manager RS Siloam, dr Mardiani Radjuni. "Saya bersyukur dan berterima kasih kepada aparat kepolisian sebab aktivitas di rumah sakit tetap berjalan lancar meski adanya acara debat kandidat dan penutupan Jalan Metro Tanjung Bunga. Apalagi, penempatan personel disiagakan di rumah sakit ini," kata Mardiani.

Masyarakat yang menuju Trans Studio Makassar juga tidak terganggu karena mereka bisa mengambil jalan alternatif, yakni lewat jalan Danau Tanjung Bunga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com