Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Didemo Massa Parpol Tak Lolos Verifikasi

Kompas.com - 07/01/2013, 13:58 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan orang dari beberapa partai yang tidak lolos verifikasi faktual pada Pemilihan Umum 2014 melakukan aksi di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Mereka memprotes hasil verifikasi faktual KPU.

Setibanya di KPU, massa gabungan dari beberapa partai seperti PDP, PKBIB, dan Partai Kongres langsung menggelar orasi dan mengibarkan bendera-bendera. Bahkan, mereka membawa dua keranda yang menandakan matinya demokrasi di Indonesia.

"KPU adalah seperti wasit. Kalau wasit belum-belum sudah melakukan kecurangan, jangan berharap Anda mendapat pertandingan yang bersih, politik yang bersih. Demokrasi telah mati," ujar salah seorang orator, Senin (7/1/2013).

Walaupun hujan turun, ratusan orang ini tetap bertahan di depan Gedung KPU. Hanya segelintir dari mereka yang berlari mencari tempat untuk berteduh.

"Jika kalian bukan massa bayaran, maju ke sini. Hujan bukan jadi halangan, kita robohkan KPU," kata seorang orator.

Selain berorasi, mereka juga menunggu hasil rapat pleno verifikasi partai yang akan diumumkan pada pukul 14.00 WIB.

Akibat aksi ini, lalu lintas di Jalan Imam Bonjol mengarah ke Jalan MH Thamrin macet total. Hampir 100 petugas kepolisian berjaga-jaga di sekitar Gedung KPU untuk mengamankan jalannya aksi ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com