Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang dan Hujan Deras Landa Manado

Kompas.com - 07/01/2013, 06:15 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Angin kencang dan hujan deras melanda Manado, Senin dinihari mulai pukul 02.20 hingga 03.00 Wita, sehingga menyebabkan aliran listrik padam. "Akibat angin kencang dan hujan deras, listrik sampai padam," kata warga Wenang, Obner Manaida, Senin (7/1/2012).

Ia mengatakan, hujan deras turun cukup lama sekitar satu jam disertai angin kencang, membuat ia dan keluarganya khawatir atap rumah akan beterbangan. Menurut dia, keadaan ini sudah terjadi beberapa malam berturut-turut, hujan dan badai selalu terjadi menyebabkan listrik padam tengah malam.

"Karena itu saya selalu menyiapkan lampu penerangan cadangan, karena listrik pasti padam saat hujan disertai angin kencang," kata Obner.

Angin kencang dan hujan deras, masih terus mengguyur Manado, hingga pukul 03.00 wita, termasuk pemadaman listrik masih terjadi. Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado sudah mengingatkan seluruh warga untuk waspada kalau hujan deras dan angin kencang terjadi.

"Warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti perbukitan dan tepi sungai harus mengungsi sementara waktu untuk menghindari jadi korban," kata Wali Kota Manado Vicky Lumentut, dalam berbagai kesempatan.

Menurut dia, Manado adalah daerah rawan bencana, maka masyarakat harus waspada, agar jangan menjadi korban tanah longsor atau banjir. Awal 2013, Manado sudah dilanda bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah yakni Kecamatan Paal Dua, Tikala, Singkil, Wamea, Tuminting dan Bunakan, belum ada korban jiwa dalam bencana awal tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com