Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiriman Gambar Natal Akan Alami Kenaikan Tajam

Kompas.com - 24/12/2012, 12:54 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

ADELAIDE, KOMPAS.com - Meningkatnya penggunaan smartphone, juga kualitas kamera HP yang lebih tinggi, serta jaringan internet yang lebih cepat akan membuat lebih banyak warga di seluruh dunia mengirimkan gambar-gambar kepada sesama selama masa Liburan Natal.

Di Australia, perusahaan telekomunikasi terbesar Telstra memperkirakan akan ada kenaikan 70 persen pengiriman gambar lewat telepon dibandingkan tahun lalu. Menurut direktur eksekutif Telstra Country Wide Rebekah O'Flaherty diperkirakan pelanggan Telstra akan mengirim sekitar 6 juta gambar di saat mereka baru saja membuka kado Natal dan makan siang bersama anggota keluarga.

"Sepanjang tahun lalu, kami melihat bahwa warga Australia semakin banyak yang menggunakan medium pengiriman gambar untuk berhubungan dengan keluarga dan teman." kata O'Flaherty seperti dilaporkan harian The West Australian hari Senin (24/12/2012).

"Dengan semakin banyak pelanggan memiliki telepon pintar (smartphone), meningkatnya kualitas kamera HP, dan juga akses ke teknologi 4G membuat pengiriman gambar dan video semakin populer," tambah O'Flaherty.

Namun menurut Telstra, pengiriman SMS masih mendominasi media ucapan selamat. Diperkirakan sekitar 125 juta SMS akan dikirim selama musim Natal ini, naik 17 persen dari tahun 2011. "Biasanya, kebanyakan SMS dikirim di Hari Natal antara jam 8 sampai 1 siang, kemudian perlahan menurun antara jam 3-4 sore, dimana biasanya warga Australia keluar rumah untuk main kriket di belakang rumah atau tidur siang setelah kekenyangan." kata O'Flaherty.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, pembicaraan melalui telepon juga akan mencapai puncaknya di hari Natal. "Hari Natal adalah hari tersibuk bagi petugas pencari nomor telepon, baik nasional maupun internasional, dan kami memperkirakan akan ada 300 ribu telepon internasional dari Australia di Hari Natal dengan Selandia Baru, Inggris dan Amerika Serikat adalah tujuan yang paling populer." kata O'Flaherty lagi.

Guna menghindari biaya telepon internasional yang mahal, Telstra memberi rekomendasi mengenai waktu telepon yang murah. Inggris dan Eropa - sebelum jam 2 pagi atau antara 1-3 sore (hindari waktu paling sibuk 3-9 malam) Selandia Baru - sebelum jam 4 pagi atau antara 10 pagi-4 sore (hindari 4-10 pagi). Asia - sebelum jam 4 sore (hindari 4-9 malam) dan AS serta Kanada - sebelum jam 2 pagi atau antara jam 11 pagi- jam 3 sore (hindari jam 2 sampai 9 pagi). 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com