Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor dan Pengurus Partai Politik Tidak Jelas

Kompas.com - 10/12/2012, 02:17 WIB

JEMBER, KOMPAS - Komisi Pemilihan Umum Jember dibuat bingung saat akan melakukan verifikasi faktual ke kantor Partai Kongres di Jalan dr Soebandi Nomor 12 Jember, Jawa Timur, Sabtu (8/12). Sepanjang Jalan dr Soebandi yang dilalui, dua komisioner tidak menemukan kantor yang akan dituju.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember Ketty Tri Setyorini menyatakan, tim verifikasi yang berjumlah dua orang dibantu petugas dari kepolisian menyusuri Jalan dr Soebandi. ”Kami berempat menemukan toko kelontong tutup,” kata Ketty Tri Setyorini.

Sesuai dokumen yang diterima KPU Jember dari KPU pusat dan KPU provinsi, Ketua Partai Kongres di Jember adalah M Sahlan. Setelah ditanyakan ke tetangga toko, tak seorang pun tahu keberadaan kantor ataupun pengurusnya. ”Kami terpaksa tidak melakukan verifikasi terhadap partai tersebut dan melanjutkan verifikasi ke Partai Buruh di Desa Ajung, Kecamatan Kalisat,” kata Ketty.

Setelah mendatangi alamat sesuai dokumen DPP Partai Buruh dari KPU pusat dan KPU provinsi, Ketua Partai Buruh Jember tidak ada di tempat. Pemilik rumah, Wahyudi Rahmat, mengaku sekarang sudah mendukung partai lain yang prospeknya lebih baik.

Sementara itu, berkas verifikasi faktual semua partai politik yang mendaftar dalam pemilu legislatif di Sumatera Selatan masih perlu perbaikan. Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Ong Berlian mengatakan, dari 18 partai politik yang mendaftar untuk pemilu legislatif di Sumsel, rata-rata belum dapat menunjukkan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. (IRE/SIR)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com