Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuda Tak Dilibatkan secara Aktif

Kompas.com - 27/11/2012, 05:30 WIB

Jakarta, Kompas - Meski pemuda yang menjadi penerus pemimpin bangsa, mereka jarang dilibatkan secara utuh dalam pembangunan. Pemuda hanya jadi obyek pembangunan.

”Akses pemuda untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan sangat kurang,” kata Advokat Pemuda, Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFPA) Indonesia, Angga Dwi Martha, dalam diskusi Jalan Menuju Bali menyambut Forum Pemuda Dunia (Global Youth Forum) di Jakarta, Senin (26/11).

Forum Pemuda Dunia akan diadakan di Bali, awal Desember, dihadiri sekitar 1.000 peserta dari 194 negara. Suara pemuda Indonesia yang akan disampaikan dalam forum itu dihimpun dari para pemuda di tujuh kota.

Masalah lain yang dihadapi pemuda Indonesia adalah tidak meratanya pendidikan, terbatasnya layanan kesehatan reproduksi yang memicu perilaku seks berisiko, tingginya angka pengangguran yang meningkatkan kriminalitas, dan makin rendahnya kepedulian pemuda terhadap isu-isu sosial di sekitarnya.

Carolina Rainintha Siahaan, Komunikator Pemuda dalam Panel Tingkat Tinggi PBB untuk Pembangunan Pasca-2015 di London, pertengahan November lalu, mengatakan, program-program pembangunan dalam Tujuan Pembangunan Milenium 2015 memang berhasil mengurangi kemiskinan global. Namun, itu bukan solusi yang dicari karena tujuannya adalah meningkatkan kualitas hidup warga dunia. ”Ke depan, pemuda perlu lebih banyak dilibatkan,” ujarnya. (MZW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com