Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maling Tertangkap Saat Beraksi di Rumah Tak Berpenghuni

Kompas.com - 26/11/2012, 17:37 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Spesialis pencuri rumah tak berpenghuni Hariandy alias Ambon (32) diringkus kepolisian sektor Kalideres, Jakarta Barat. Dia ditangkap saat beraksi di Perumahan mewah Citra III Blok B 21 No 2, Kalideres, Jakarta Barat.

"Tersangka ini sudah lima kali melakukan pencurian di sekitar Citra," kata AKP Saiful Anwar, Kanit Reskrim Polsek Kalideres kepada Kompas.com, Senin (26/11/2012).

Tersangka yang sudah mahir melakukan pencurian rumah tak berpenghuni melakukan survei terlebih dahulu di lokasi yang akan menjadi targetnya. Kemudian ia menyongkel pintu atau jendela untuk bisa masuk ke rumah yang sedang ditinggal pemiliknya tersebut.

Saat menyongkel jendela rumah, salah satu petugas patroli melihat hal tersebut dan mencurigainya. Kemudian ia melaporkan pada petugas keamanan perumahan untuk meminta bantuan Polsek Kalideres.

Polisi yang sampai di lokasi kejadian segera memerintahkan tersangka untuk keluar dari rumah tersebut. Tetapi tersangka malah mencoba melarikan diri melalui jendela dengan naik ke atas genteng.

"Waktu mau kabur, dia diteriakin sama petugas untuk turun, kalau enggak, dia akan ditembak," ungkap Saiful.

Karena takut, tersangka akhirnya turun dari genteng dan menyerahkan diri. Polisi kemudian menyita jam tangan, kalung, handphone, cincin, dan beberapa barang berharga lainnya.

Saiful menjelaskan, Ambon merupakan residivis rutan Salemba yang baru enam bulan dibebaskan kepolisian. Ia terkena Pasal 363 mengenai tindakan pencurian. Saat ini tersangka diamankan di Polsektro Kalideres.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com