Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar: Politik Setiap Saat Bisa Berubah

Kompas.com - 09/11/2012, 17:09 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq menyatakan sudah menetapkan pendamping untuk Ahmad Heryawan dalam menghadapi Pemilihan Gubernu Jawa Barat 2013. Pendamping dimaksud adalah aktor kawakan, Deddy Mizwar.

Terkait penyebutan namanya di bursa Pilgub Jabar, Deddy enggan berkomentar. Setelah dihubungi wartawan berkali-kali, Deddy hanya mengirimkan pesan singkat.

"Besok saja ya, saya non-partisan dan ini ranah politik. Politik setiap saat bisa berubah, terima kasih atas perhatiannya," tulis Deddy dalam pesan singkat yang diterima wartawan pada Jumat siang ini.

Sebelumnya, PKS menyatakan telah meminang Deddy Mizwar untuk maju sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat untuk mendampingi calon petahana, Ahmad Heryawan dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013. PKS pun memutuskan untuk berkoalisi untuk mencukupi kuota suara.

"Sudah ditetapkan Deddy Mizwar," ujar Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Jumat (9/11/2012), dalam pesan singkat yang diterima wartawan.

Luthfi menjelaskan bahwa untuk mencukupi kuota kursi, PKS akhirnya berkoalisi dengan Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Bulan Bintang (PBB). Jumlah kursi PKS di DPRD Jawa Barat hanya 14 kursi. Untuk memajukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, parpol atau gabungan parpol harus memiliki setidaknya 15 kursi di DPRD.

Lebih lanjut, Luthfi mengatakan, pihaknya menyerahkan rencana pendaftaran Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar kepada pengurus provinsi. Rencananya, pada Sabtu (10/11/2012), kedua kandidat ini akan melakukan deklarasi. Pemilihan Deddy Mizwar mendampingi Ahmad Heryawan, diakui Luthfi, lebih karena faktor keartisan Deddy. Popularitas Deddy diharapkan mampu mendongkrak elektabilitas Ahmad Heryawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com