Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Bakal Dukung Rieke-Teten

Kompas.com - 08/11/2012, 15:13 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Gerindra akan mendukung pasangan Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2013 meskipun nantinya tidak berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Partai Gerindra mendukung pasangan ini karena melihat latar belakangnya.

"Kita akan minta seluruh kader bisa sukseskan pasangan ini," kata anggota Dewan Penasihat Partai Gerindra, Martin Hutabarat, di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Seperti diberitakan, PDI-P resmi mengusung pasangan Rieke dan Teten dalam Pilgub Jabar setelah mendapat restu dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno Putri.

Martin mengatakan, PDI-P pasti sudah memikirkan yang terbaik sebelum memutuskan. Diharapkan, efek Joko Widodo alias Jokowi bisa kembali terjadi di Pilgub Jabar untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih.

"Gerindra akan ikut mendukung agar efek Jokowi bisa mewabah di daerah lain," kata anggota Komisi III DPR itu.

Ketika ditanya kondisi hubungan komunikasi Gerindra dengan PDI-P terkait Pilgub Jabar, Martin menyatakan sejak awal sudah sering berkomunikasi. Tak hanya di Jakarta dan Jabar, kata dia, komunikasi sudah dilakukan terkait pilgub di daerah lainnya, seperti Jawa Tengah.

Apakah juga sudah ada komunikasi dengan parpol selain PDI-P? Martin mengatakan, komunikasi dengan banyak parpol sudah dilakukan untuk mengusung calon lain. Namun, kata dia, pihaknya tetap melihat latar belakang figur.

Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto, tambah Martin, menyetujui untuk mengusung Teten lantaran latar belakangnya sebagai aktivis pemberantasan korupsi. "Kita lihat rekam jejak orang yang konsisten dalam menciptakan pemerintahan yang bersih. Saya rasa itu yang dirindukan orang," pungkas Martin.

Selama ini, Teten aktif di Transparency International Indonesia (TII). Namun, Gerindra terganjal untuk langsung mengusung Teten karena hanya memiliki delapan kursi di DPRD Jabar.

Sebelumnya diberitakan, PDI-P resmi memutuskan mencalonkan pasangan Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat. Keputusan itu diambil setelah pasangan tersebut langsung mendapat restu dari Ketua Umum PDI-P, Rabu malam tadi.

Pasangan ini diharapkan mampu menarik banyak suara dari rakyat Jawa Barat. Hal ini dikonfirmasi Tubagus Hasanuddin, anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat, Kamis (8/11/2012). Tubagus membenarkan kalau Rieke-Teten telah resmi menjadi cagub-cawagub dari PDI-P untuk Pilgub Jabar 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com