Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pintar untuk Anak Pesisir

Kompas.com - 22/10/2012, 10:59 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com- Bank Mandiri dan Palindo Marine menghibahkan Kapal Pintar Mandiri I kepada Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjung Pinang. Kapal itu akan difungsikan sebagai perpustakaan dan sarana belajar keliling untuk pulau-pulau terpencil.

Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya Marsetio mengatakan, kapal itu untuk membantu pendidikan di pesisir Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau.

Secara reguler, Kapal Pintar Mandiri I akan menyinggahi pulau-pulau kecil di kedua provinsi tersebut. "Kapal akan membantu anak-anak mendapat tambahan pengetahuan secara reguler," ujarnya di sela peresmian Kapal Pintar Mandiri I, Senin (22/10/2012) di Batam, Kepulauan Riau.

Bank Mandiri dan PT Palindo Marine menghibahkan masing-masing Rp 1,5 miliar untuk proyek itu. Kapal sepanjang 22 meter itu antara lain dilengkapi perspustakaan, saranan multimedia, serta koneksi internet.

Kapal itu akan menyasar 427.133 anak di Kepulauan Riau dan 730.000 anak di pesisir Kalimantan Barat. Mereka tersebar di 2.750 pulau di pesisir kedua provinsi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com