Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Perintahkan Kepala Dinas Bersihkan Eceng Gondok di BKT

Kompas.com - 18/10/2012, 22:45 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi menyesalkan aliran air di Banjir Kanal Timur (BKT) tidak berjalan lancar akibat banyaknya tanaman enceng gondok yang tumbuh. Padahal, musim hujan akan tiba. Sikap Jokowi itu disampaikan ketika melihat kondisi BKT di kawasan Marunda, Jakarta Utara, Kamis (18/10/2012).

Jokowi menyambangi BKT setelah meninjau kondisi Kampung Bambu Kuning, Marunda, dan meninjau Rumah Susun di Marunda. "Saya hanya ingin menunjukkan ke Kepala Dinas di situ ada eceng gondok yang banyak sekali," kata Jokowi.

Selain meminta dibersihkan, Jokowi juga berpesan agar di kanan dan kiri BKT dibuat taman kecil lengkap dengan tempat duduk. Dengan demikian, warga dapat menikmati suasana BKT. Jokowi memberi waktu pembersihan BKT rampung sebelum akhir tahun 2012.

Jokowi mengakui proyek KBT itu memang efektif untuk pengendalian banjir yang selalu menyerang sebagian wilayah ibu kota. Hanya, menurut dia, perlu ada perbaikan di beberapa titik agar air bisa masuk ke BKT. "Itu nanti yang harus dikerjakannya detail. Kalau enggak detail, manfaatnya BKT jadi enggak maksimal. Ini sudah mau banjir, tapi eceng gondoknya kayak begitu," kata Jokowi.

Seperti diberitakan, BKT ini menampung aliran Kali Ciliwung, Kali Cililitan, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat, dan Kali Cakung. Luas BKT mencapai 207 kilometer atau 20,7 hektar. Rencananya, lahan basah yang akan dibebaskan tahun ini seluas 433 ribu meter persegi. Adapun tahun 2013 akan dilakukan proses pembebasan lahan koridor kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com