Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo Tetap Bersama Saifullah

Kompas.com - 13/10/2012, 03:44 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Gubernur Jawa Timur Soekarwo memastikan maju lagi dalam Pemilu Kepala Daerah Jatim 2013 dengan tetap menggandeng Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang kini menjabat Wakil Gubernur Jatim. Duet Soekarwo-Gus Ipul ini akan dideklarasikan pada Februari 2013.

”Alasannya, saya memang cocok dengan Gus Ipul. Diumumkannya nanti, tetapi yang jelas maju dengan Gus Ipul,” ujar Soekarwo seusai peringatan hari ulang tahun ke-67 Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (12/10).

Soekarwo menuturkan, deklarasi pencalonannya akan dilakukan pada peringatan empat tahun pasangan ini memimpin Jatim. Dengan kepastian ini, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim ini mengakhiri kontroversi munculnya calon wagub lain.

Selain akan diusung Partai Demokrat, Soekarwo juga mengakui ada sejumlah partai politik yang mengarahkan dukungan kepadanya. Namun, ia enggan menyebutkan nama parpol itu.

Gus Ipul tak berkomentar mengenai kepastian pasangan ini berlanjut. ”Alhamdulillah, saya mantap bersama Pakde Karwo (Soekarwo),” kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu.

Sikap NU

Secara terpisah, Ketua Pengurus Wilayah Nadhlatul Ulama (PWNU) Jatim Mutawakkil Alallah menjelaskan, NU Jatim belum menentukan dukungan kepada salah satu figur untuk maju sebagai calon kepala daerah Jatim pada pilkada mendatang. Namun, suara akar rumput NU menginginkan calon gubernur ke depannya berasal dari NU. Selain Gus Ipul yang akan mendampingi Soekarwo lagi, tokoh NU yang disebut-sebut akan menjadi calon gubernur adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa.

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) DPRD Jatim Ali Muji mengakui, DPD PDI-P Jatim mendekati Khofifah untuk diusung sebagai calon gubernur. Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan itu akan dipasangkan dengan Wakil Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono.

Namun, Ketua DPP PDI-P Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga Puan Maharani menegaskan, partainya belum memastikan arah dukungan kepada figur tertentu dalam Pilkada 2013 di Jatim. PDI-P baru membuka pendaftaran untuk penjaringan calon gubernur dan calon wagub pada November hingga Desember 2012. Siapa pun bisa mendaftarkan diri. (ilo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com