Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat Utang Spanyol Satu Level di Atas Sampah!

Kompas.com - 11/10/2012, 08:05 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Berita buruk kembali datang dari Benua Biru. Standard & Poor's memangkas peringkat utang Spanyol menjadi satu tingkat di atas level sampah atau junk. Itu artinya, peringkat utang Spanyol diturunkan dua level menjadi BBB- dari sebelumnya BBB+.

Tidak hanya itu, S&P yang berbasis di New York ini pun menyematkan outlook negatif untuk peringkat utang itu.

Penurunan peringkat Spanyol dilakukan setelah "Negeri Matador" itu mengumumkan paket penghematan anggaran kelima dalam kurang dari setahun dan memublikasikan secara detail hasil stress test perbankannya.

Kecemasan mengenai tingkat pembayaran utang di Spanyol semakin meningkat setelah pemerintah setempat mengajukan bantuan senilai 100 miliar euro atau 129 miliar dollar AS kepada Uni Eropa bagi perbankan. Apalagi, target defisit anggaran Spanyol juga terancam tidak dapat terpenuhi.

Pascapengumuman S&P, tingkat yield Spanyol untuk obligasi 10 tahun ditutup pada level 5,8 persen pada hari ini. Sebagai perbandingan, rekor yield obligasi Spanyol tercipta pada 25 Juli lalu di level 7,75 persen. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Ikuti Artikel Lain Mengenai Gonjang-ganjing Ekonomi Eropa di Topik KRISIS BENUA BIRU

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com