Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat OpenSpaces, Google Padukan Seni Jalanan dan HTML 5

Kompas.com - 08/10/2012, 15:46 WIB
del/KOMPAS.com Khrisna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia, saat memperkenalkan Open Spaces, Jumat (5/10/2012) yang lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ingin lebih menunjukkan kemampuan HTML 5 dalam browser-nya, Google dalam waktu dekat ini akan meluncurkan sebuah situs yang dinamakan Open Spaces. Situs tersebut ditujukkan bagi Anda para pecinta dunia street art (graffiti).

Open Spaces merupakan sebuah wadah bagi para pengguna untuk membuat desain street art versi digital. Hasil karya street art tersebut nantinya dapat di-upload ke gallery yang dapat dilihat oleh seluruh orang di dunia.

Open Spaces ini mirip dengan aplikasi Paint yang dapat ditemukan di Windows. Bedanya, Paint merupakan aplikasi yang dapat berdiri sendiri, sedangkan Open Spaces harus diakses melalui browser Internet.

"Open Spaces dapat diakses melalui browser apa saja. Namun, Open Spaces ini berjalan lebih optimal di Chrome," kata Khrisna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia.

"Aplikasi ini dapat diakses melalui openspaces.co.id dan dibangun berdasarkan HTML 5," jelas Khrisna.

Selain itu, Open Spaces hanya dilengkapi dengan tools sederhana, tidak sekompleks Paint.

"Kami membuat OpenSpaces sesederhana mungkin agar semua orang dapat menggunakannya, baik untuk professional atau bukan," lanjut Khrisna.

Google juga ingin mempertemukan para street artist dengan para audience yang lebih bisa menghargai karya mereka.

"Melalui Open Spaces, kami ingin mempertemukan para artist dengan audience-nya," ujar Khrisna.

Untuk menyambut kehadiran Open Spaces nantinya, Google akan mengadakan sebuah kompetisi kecil. Bagi karya terbaik yang ada di Gallery, si pengguna dapat "memindahkan" gambar yang ada di Gallery ke tembok rumah!

Pemenang akan ditentukan oleh hasil vote. Total ada 9 tembok yang telah dipersiapkan oleh Google.

Sayangnya, belum ada informasi lebih mendetail mengenai kompetisi tersebut. Google baru akan membeberkan semua informasi saat Open Spaces sudah live dalam beberapa minggu mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com