Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mega: Kader Malas Jangan Harap Maju ke Pilgub

Kompas.com - 03/10/2012, 20:49 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarno Putri menegaskan, PDIP tidak akan memberikan rekomendasi kepada kader yang malas dan tidak loyal terhadap partai yang ingin maju pada Pemilihan Gubernur Maluku 2013. Penegasan ini disampaikan Mega saat memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi dan Pemantapan Tiga Pilar Kebangsaan dan kaderisasi tingkat Madya Provinsi Maluku di hadapan ratusan kader, anggota dan simpatisan PDIP di Baileo Siwalima, Ambon, Rabu (3/10/2012) sore.

"Siapa yang malas dan tidak loyal terhadap partai lalu mau minta nomor satu, No! Kita fair saja, siapa kerja dia dapat. Kalau malas kerja kepada partai, ya silahkan tunggu saja," katanya.

Mega mengungkapkan, calon gubernur Maluku yang akan direkomendasikan PDIP harus dapat bekerja di masyarakat dan mampu menunjukkan keberpihakannya kepada wong cilik dan yang terpenting harus mampu memahami ideologi partai. "Meskipun kader partai kalau ngak loyal ya silahkan tunggu, kalau non kader ya harus dapat memahami ideologi partai," ujarnya.

Menurut Mega, siapa pun yang nantinya akan direkomendasi partai pada Pilgub Maluku, apakah kader partai atau non partai harus dapat didukung oleh seluruh elemen partai di Maluku. Mega juga meminta agar calon gubernur dan wakil gubernur dari PDIP nantinya dapat menghidupkan roh partai dan membela kepentingan masyarakat.

Mantan Presiden ke 5 RI ini juga meminta kepada seluruh kader dan simpatisan PDIP di Maluku agar tetap solid dan bersemangat dalam menghadapi Pilgub Maluku nanti. "Nomor satu yang harus dimiliki oleh setiap kader adalah semangat dan solid, itu kalau kita mau menang," tegas Mega.

Sementara itu Ketua DPD PDIP Maluku, Karel Albert Ralahalu dalam sambutannya meminta Ketua Umum DPP PDIP dapat merekomendasikan figur terbaik dalam Pilgub Maluku nanti. Karel mengakui, jika di sejumlah pemilihan kepala daerah di Maluku, PDIP selalu kalah karena belum mendapat kepercayaan masyarakat.

Meskipun demikian, Karel optimistis jika pada pilgub nanti, PDIP akan mampu mempertahankan kursi gubernur yang sudah sepuluh tahun dijabat kader PDIP. "Pada saatnya nanti saya minta Ibu Mega dapat merekomendasikan figur terbaik di Pilgub Maluku nanti, dan saya optimistis PDIP akan menang di pilgub Maluku nanti," kata Karel yang juga Gubernur Maluku tersebut.

Acara tersebut selain dihadiri Ketua Umum DPP PDIP juga dihadiri Sekjen DPP PDIP, Ketua Farksi PDIP, Puan Maharani dan sejumlah kepala daerah yang juga kader PDIP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com