Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendesak dan Layak, Unifikasi Sistem Perbankan Eropa

Kompas.com - 26/09/2012, 08:08 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa, Panicos Demetriades, menyatakan, rencana Uni Eropa untuk mempersiapkan mekanisme pengawasan tunggal untuk perbankan di zona euro pada akhir 2012 adalah ambisius, tapi layak. Rencana ini masih menjadi perdebatan di kalangan pemimpin Uni Eropa.

"Dalam pandangan saya, setiap usaha harus dilakukan segera mungkin namun harus dilakukan secara bertahap dalam setiap pendekatannya," kata Demetriades, yang merupakan Gubernur Bank Sentral Siprus seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Rabu (26/9/2012).

Dia mengatakan, skema pengawasan itu sangat diperlukan karena itu adalah prasyarat untuk rekapitalisasi langsung oleh Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM), dana talangan permanen Uni Eropa.

Rencana untuk pengawasan tunggal serikat perbankan Eropa telah menjadi satu komponen dari kerangka yang lebih luas, bersamaan dengan asuransi deposito Eropa. Hal itu, menurut dia, merupakan bagian dari skema resolusi untuk mengatasi krisis keuangan saat ini dengan membantu memutuskan hubungan antara pemerintah dengan bank.

"Untuk negara dengan sistem perbankan yang besar seperti Siprus, serikat perbankan sangat penting karena akan memisahkan risiko pemerintah dari risiko perbankan," kata Demetriades.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com