Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Desak Eropa Laksanakan Rencana Atasi Krisis

Kompas.com - 25/09/2012, 08:32 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Dana Moneter Internasioanl atau IMF Christine Lagarde mendesak para pembuat kebijakan untuk melaksanakan rencana mereka menyelamatkan Eropa. Penyelesaian atas Eropa mempengaruhi masa depan perekonomian dunia.

Desakan Lagarde, seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Selasa (25/9/2012), termasuk pembentukan serikat perbankan, seperti mempersiapkan dana untuk menurunkan perkiraan pertumbuhan global.

"Ketidakpastian atas kemampuan para pembuat kebijakan di seluruh dunia untuk memenuhi janji-janji mereka semakin memberatkan perekonomian global," kata Lagarde.

Sementara di zona Eropa perlu ada tindakan, Amerika Serikat juga menghadapi "risiko besar" melalui pengetatan fiskal yang mungkin terjadi pada tahun depan.

Menurut Lagarde, di zona Eropa pasar telah memperoleh dukungan. "Sekarang mereka ingin melihat dikoordinasikannya pelaksanaan tersebut, di sini ada beberapa pemain dalam satu permainan," kata Lagarde, menyinggung belum satunya visi para pemimpin Benua Biru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com