Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Siap Layani Penerbangan Haji

Kompas.com - 21/09/2012, 17:03 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero), khususnya Pemasaran Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, siap melayani penerbangan haji tahun 2012, yang diberangkatkan melalui Bandara Internasional Juanda dan Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kesiapan dilakukan dengan menyediakan sarana dan fasilitas dalam kondisi baik, dan ketersediaan avtur dalam jumlah mencukupi.

Pelaksanaan pemberangkatan jemaah melalui Bandara Juanda mulai Jumat (21/9/2012) hingga 20 Oktober 2012, sedangkan pemulangan berlangsung 1-30 November 2012.

Diperkirakan kebutuhan avtur di DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) Juanda naik sebesar 44 persen. DPPU Juanda-Surabaya yang pada musim haji ini melayani 82 kelompok penerbangan (kloter) haji, diperkirakan mengalami peningkatan penyaluran Avtur sebesar 1.300 kiloliter per hari.

Pada kondisi normal, penyaluran rata-rata Avtur di DPPU Juanda sebesar 900 kiloliter per hari.

Asisten Hubungan Pelanggan PT Pertamina Unit Pemasaran Jatim-Bali-Nusa Tenggara, Rustam Aji, di Surabaya, Jumat (21/9/2012) mengatakan, pemberangkatan di Bandara Internasional Lombok direncanakan 21 September-18 Oktober 2012, sedangkan pemulangan pada 31 Oktober-27 November 2012.

Diperkirakan, kenaikan kebutuhan avtur di DPPU Bandara Internasional Lombok (BIL) diperkirakan sebesar 33 persen. DPPU BIL pada musim haji ini melayani 15 kloter haji, dan diperkirakan penyaluran avtur akan meningkat menjadi 80 kiloliter per hari.

Pada kondisi normal, penyaluran rata-rata Avtur di DPPU BIL sebesar 60 kiloliter per hari.

Posisi stok avtur di Surabaya dan Lombok pada Jumat (21/9/2012) dalam kondisi aman. Di DPPU Juanda terdapat 4.605 kiloliter, sedangkan di Terminal BBM Surabaya Group di Perak terdapat 11.839 kiloliter avtur.

Sementara di Lombok, total stok Avtur di Terminal BBM Ampenan dan DPPU BIL sebesar 945 kiloliter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com