Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Jamkesda Perlu untuk Jakarta

Kompas.com - 14/09/2012, 18:08 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dituding meniru program kartu sehat yang dibawa oleh calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, petahana Fauzi Bowo mengaku bahwa dirinya sudah lama berada di pemerintahan dan program jaminan kesehatan untuk masyarakat kurang mampu sudah diterapkan lama.

"Saya mau kasih komentar tentang jaminan layanan kesehatan itu ya. Jakarta sudah punya sejak lama tapi untuk menyempurnakan ya terus dilakukan," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Kuningan Barat, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa setiap kota memiliki sistem jaminan pelayanan kesehatan. Ia mengambil contoh kota besar yang ada di Amerika Serikat dan Australia bahwa jaminan kesehatan dengan menggunakan kartu juga diterapkan di sana. "Eropa juga ada jaminan kesehatan seperti itu. Terus kalau itu ada, pantes nggak itu gue bilang kota-kota itu niru kita. Terus kalau Amerika ada, gue bilang Obama nyontek gitu," ujar Foke.

Menurutnya, yang menentukan jaminan kesehatan tersebut tepat guna adalah efektivitas sistem yang dipakai. Untuk itu, Foke menegaskan bahwa program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang baru saja dibagikannya beberapa waktu lalu memang dibutuhkan warga Jakarta dan harus ada di Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi sempat mempertanyakan aksi bagi kartu Jamkesda yang dilakukan fauzi Bowo pada 11 September lalu. Menurut Jokowi, pembagian kartu tersebut semestinya sejak awal yang bersangkutan menjabat sebagai orang nomor satu di ibu kota bukan beberapa minggu sebelum Pilkada.

Selaku Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo memang membagikan kartu Jamkesda saat bersilaturahmi dengan para nelayan di Gelanggang Remaja, Kecamatan Cilincing, Kompeks Dewa Ruci TNI AL, Kelurahan Semper Barat, Jakarta Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com