Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Kepulauan Yapen Dilantik

Kompas.com - 07/09/2012, 15:01 WIB
Josie Susilo Hardianto

Penulis

SERUI, KOMPAS.com - Pejabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rivai, Jumat (7/9/2012) melantik pasangan Tony Teshar-Frans Sanadi menjadi Bupat dan Wakil Bupati Kepulauan Yapen. Pasangan itu menjabat bupati dan wakil bupati untuk periode 2012-2017.

Pelantikan digelar di Kantor DPRD Kabupaten Yapen, Serui. Sebelum terpilih menjadi bupati, Tony Teshar merupakan anggota DPD perwakilan Papua, sedangkan Frans Sanadi adalah pegawai Pemerintah Kabupaten Kepulayan Yapen.

Sebelum pelantikan pasangan tersebut, selama kurang lebih satu setengah tahun kawasan di Teluk Cendrawasih itu dipimpin oleh seorang pejabat bupati. Dalam sambutannya, Pejabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rivai meminta agar dengan pelantikan tersebut, Serui berkembang karena telah memiliki bupati definitif.

Meskipun selama proses pemilihan hingga menjelang pelantikan terdapat pro dan kontra, Syamsul Arief Rivai meminta masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk mendukung pemerintah yang ada. Apalagi pemerintah pusat, baik melalui Depdagri dan Mahkamah Konstitusi telah memberikan lampu hijau bagi Tony Teshar dan Frans Sanadi untuk memimpin Kepulauan Yapen.

Namun di sisi lain, Syamsul meminta dan mengingatkan kepada kedua pejabat yang baru dilantik itu untuk menepati janji saat kampanye. Pelantikan itu sendiri digelar dengan pengawalan ketat dari aparat keamanan baik dari TNI maupun Polri. Mereka berjaga-jaga di sudut jalan di kota Serui. Sebelumnya, ada penolakan sejumlah kelompok masyarakat atas terpilihnya pasangan Tony Teshar-Frans Sanadi terkait proses pilkada yang mereka menangi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com