Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PVMBG: Status Anak Krakatau Masih Waspada

Kompas.com - 03/09/2012, 16:02 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- Meskipun sempat meletus kemarin dan abu vulkaniknya menggemparkan warga Bandar Lampung, status Gunung Anak Krakatau saat ini masih waspada.

Andi Suardi, Kepala Pos Pemantau dan Pengamatan Gunung Anak Krakatau di Desa Hargopancuran, Lampung Selatan, Senin (3/9/2012), mengatakan, aktivitas GAK di Selat Sunda meningkat sejak Minggu kemarin. Selain mengeluarkan letusan abu vulkanik, gunung berapi yang terkenal sangat aktif ini juga sempat mengeluarkan lava pijar letusan strombiolian.

Namun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih menetapkan GAK dalam status waspada. Terkait soal kabar bahwa abu vulkanik dari GAK sampai terbawa angin hingga ke Bandar Lampung, Andi mengatakan, "Yang pasti di sini, di pos, tidak sampai ada abu itu," ujar dia.

Meskipun demikian, faktanya, abu letusan terbawa hingga ke Bandar Lampung yang jaraknya lebih jauh dari Rajabasa. Meski tidak sampai mengakibatkan gangguan pandangan, namun hujan abu tipis ini cukup merepotkan dan menggemparkan warga Bandar Lampung.

Di pagi hari, abu ini menumpuk di teras dan halaman rumah warga. Sejumlah pesepeda motor pun harus mengenakan asker. Bahkan, di siang hari, sebagian kecil abu ini masih beterbangan dan membuat mata perih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com