Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Lalu Lintas Kendaraan di Cikampek Melonjak

Kompas.com - 22/08/2012, 19:54 WIB
Harry Susilo

Penulis

CIKOPO, KOMPAS.com- Lalu lintas kendaraan arus balik di gerbang tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, mulai melonjak pada Rabu (22/8/2012) atau dua hari setelah Lebaran. Sebagian pemudik sudah mulai kembali ke Jakarta karena masa libur hampir usai. Arus kendaraan dari jalur pantai utara menuju Jakarta terus mengalir meskipun lalu lintas tampak lancar.

Meskipun tidak ada penumpukan kendaraan, polisi terlihat bersiaga mengantisipasi adanya penyumbatan lalu lintas. Berdasarkan data PT Jasa Marga, jumlah kendaraan yang masuk di gerbang tol Cikampek menuju Jakarta pada Rabu pukul 06.00 - 14.00 mencapai 9.112 unit atau meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan Selasa (21/8/2012) pada rentang waktu sama yang sebanyak 3.553 unit.

Untuk mengantisipasi arus balik, PT Jasa Marga telah mengoperasikan empat gardu masuk tol sejak Selasa lalu. Sebelumnya, delapan gardu di gerbang tol ini hanya dioperasikan untuk keluar untuk menghindari penumpukan kendaraan saat arus mudik.

"Saat arus balik ini yang kita waspadai justru kepadatan di gerbang tol Cikarang Utama karena jadi tempat transaksi. Sedangkan di gerbang tol Cikampek empat gardu saja cukup karena hanya untuk pengambilan tiket," kata Kepala Sub Bagian Lalu Lintas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Cece Kosasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com