Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelihara Bandeng Kawak Berhadiah Jutaan Rupiah

Kompas.com - 18/08/2012, 12:55 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com — Upaya Askur, Ali Huda, dan Sirajuddin Munir, warga Gresik, sangat membanggakan karena bandeng kawak, yakni bandeng dengan berat di atas 5 kilogram per ekor, dijadikan maskot dalam Lelang Bandeng Gresik 2012 pada Jumat (18/8/2012) malam.

Bandeng Askur seberat 6,1 kilogram dilelang dengan harga Rp 10 juta. Bandeng milik Sirajuddin Munir laku dilelang Rp 15 juta dengan berat 6,65 kilogram. Adapun bandeng Ali Huda seberat 7,3 kg dilelang seharga Rp 20 juta. Pemenang lelang bandeng adalah Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, dan hasilnya digunakan untuk kepentingan sosial dan kemanusiaan.

Sementara itu, 150 paket bandeng yang diperjualbelikan secara tunai masing-masing laku dengan harga Rp 75.000.

Tahun 2011, petambak yang bandengnya dijadikan maskot dalam lelang mendapatkan hadiah umrah dan sepeda motor. Meskipun lelang bandeng berakhir pada Jumat malam, sebagian pedagang yang meramaikan Pasar Raya Bandeng di Ruas Jalan KH Samanhudi, Gubernur Suryo, KH Kholil, Akim Kayat, Raden Santri baru selesai membongkar stan dan mengemasi dagangannya hingga Sabtu (18/8/2012) pukul 11.00 WIB.

Sebagian warga masih membeli berbagai keperluan untuk Lebaran dengan harga obral, seperti pakaian dan sandal serta barang lain. Kegiatan tahunan itu telah menjadi penggerak ekonomi di Gresik, apalagi petambak dan pedagang bandeng diuntungkan karena harga bandeng pada saat lelang melonjak menjadi Rp 50.000 hingga Rp 300.000 per kilogram sesuai ukuran dan berat, sementara saat normal Rp 20.000-Rp 25.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com