Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siapkan Pengalihan Arus Lalin di Monas

Kompas.com - 17/08/2012, 19:58 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebentar lagi umat Muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri. Tradisi yang biasa dilakukan masyarakat adalah malam takbiran dengan mengumandangkan dzikir. Salah satu tempat yang diprediksi akan diramaikan warga pada malam takbiran adalah silang Monumen Nasional (Monas).

"Salah satu yang menjadi objek pengaturan arus lalu lintas memang di Monas. Di sana, nanti kami akan menyiapkan pengalihan arus lalu lintas jika kondisi diperlukan," ujar Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Wahyono, Jumat (17/8/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Wahyono memperkirakan kepadatan arus lalu lintas akan terjadi mulai pukul 21.00-24.00. Arus lalu lintas nantinya tidak akan terjadi akibat kendaraan dari dalam kota tapi juga limpahan konvoi malam takbiran dari kawasan Depok, Tangerang, dan Bekasi. Di lokasi-lokasi tersebut penyekatan akan dilakukan aparat polisi lalu lintas yang sudah bersiaga di 18 pos pengamanan (pospam) dan 2 pos check point.

"Dengan adanya pos-pos ini tentu akan menghilangkan niat untuk melakukan perbuatan tidak-tidak atau menimbulkan kerusuhan atau membahayakan keselamatan," ujar Wahyono.

Jika nantinya kendaraan-kendaraan itu tumpah ruas masuk ke Jakarta menuju Monas, maka kepolisian menutup arus lalu lintas di sekitar lanskap kota Jakarta itu.

Berikut skenario pengalihan arus lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk Sabtu (18/8/2012) malam. 1. Istana Negara: Jl. Merdeka Barat - Jl. Merdeka Utara - Jl. Majapahit (sisi Timur) - Jl. Veteran Raya, Jl. Veteran I, II dan III - Jl. Museum - Jl. Silang Monas. 2. Arus lalu lintas dari arah Kota/ dari arah Jl. Suryo Pranoto yang menuju ke arah Jl. MH. Thamrin - Jl. Sudirman diarahkan melalui Jl. Djuanda - Jl. Pos - Jl. Lapangan Banteng Utara - Jl. Pejambon - Tugu Tani - Jl. Merdeka Selatan dan seterusnya. 3. Arus lalu lintas dari arah Jl. Jend. Sudirman - Jl. MH. Thamrin yang menuju ke arah Harmoni - Jl. Gajah Mada - Kota, diarahkan melalui Jl. Budi Kemuliaan - Jl. Abdul Muis - Jl. Majapahit dan seterusnya. 4. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani / Menteng Raya yang menuju ke arah Jl. Gajah mada - Kota diarahkan melalui Jl. Merdeka Selatan (sisi Selatan) - Jl. Budi Kemuliaan - Jl. Abdul Muis - Jl. Majapahit atau melalui Jl. Merdeka Timur - Jl. Perwira - Jl. Lapangan Banteng Barat - Jl. Kathedral - Jl. Pos dan seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com