Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: "Sekali Merdeka, Tetap Merdeka!"

Kompas.com - 17/08/2012, 10:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Fauzi Bowo menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-67 di silang Monas, Jakarta Pusat, bersama jajaran Pemprov DKI. Pria akrab disapa Foke ini mengatakan, 67 tahun silam, di tengah khusyuknya umat Islam melaksanakan ibadah puasa, para pendiri Republik Indonesia memproklamasikan kemerdekaan.

Foke mengatakan, hikmah terbesar dapat dipetik dari setiap peringatan hari bersejarah adalah melestarikan nilai-nilai perjuangan yang harus dijadikan sebagai modal dan kekuatan untuk mengisi kemerdekaan.

"Selama kurang lebih 350 tahun bangsa Indonesia hidup di bawah tekanan para penjajah, selama itu pula hampir tidak terhitung banyaknya nyawa dan tetesan darah para pejuang gugur di bumi pertiwi," kata Foke dalam sambutannya, Jumat (17/8/2012).

Dia mengatakan, dari pengalaman dan kenyataan pahit tersebut bangsa Indonesia bangkit melakukan perlawanan untuk merebut kemerdekaan serta bersumpah untuk tidak ingin dijajah lagi.

"Sekali merdeka, tetap merdeka," ujar Foke. (Danang Setiaji Prabowo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com