Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Panas di Kaltim Bukan Kebakaran Hutan

Kompas.com - 16/08/2012, 17:01 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

PASER, KOMPAS.com -- Titik-titik panas (hot spot) yang terpantau di Kalimantan Timur sepanjang 2012 hingga pertengahan Agustus, tidak ada yang disebabkan kebakaran hutan. Mayoritas disebabkan pembakaran lahan non wilayah konservasi untuk tujuan bertani/berladang. Dengan kata lain, itu merupakan pembakaran terkendali.

Titik panas pada Agustus 2012 misalnya, telah terpantau 143 titik. Sedangkan dua bulan sebelumnya, pada Juni dan Juli tercatat 141 dan 170 titik. "Jumlah titik panas pada Juli, sangat besar terlampaui bulan ini," ujar HM Faisal, Kepala Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Daerah Operasi Kabupaten Paser, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, yang membawahi seluruh wilayah Kaltim.

Faisal menjelaskan, satelit mendefinisikan satu titik api ketika mendetektesi api di sebuah lahan dengan estimasi ukuran lahan terbakar 1,1 km x 1,1 km. "Pengamatan via satelit ini menjadi dasar dilakukan tindakan, misalnya pengecekan ke lapangan. Lahan yang terbakar ini, menyebabkan efek kabut asap," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com