Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Bus di Terminal Sudah Sesuai Tarif

Kompas.com - 14/08/2012, 16:10 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, atau yang biasa disapa Foke, dalam kunjungannya meninjau mudik Lebaran di Terminal Pulogadung juga mengecek mengenai masalah tarif tiket bus. Foke juga menyempatkan diri berbincang-bincang dengan beberapa petugas loket. Menurut Foke, harga tiket di Terminal sudah sesuai dengan tarif yang ada.

"Saya tadi mengecek di loket juga. Semua protap sudah diikuti. Tarifnya jelas," kata Foke, kepada wartawan, Selasa (14/8/2012) siang.

Lebih lanjut Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, jurusan yang dituju pemudik sudah jelas, serta keberangkatannya di cek dan diumumkan. Mengenai tarif, Foke mengatakan, tarif yang dikeluarkan sudah sesuai dengan peraturan yang ada.

"Tidak ada tarif atau biaya yang dikeluarkan di luar tarif resmi. Tetapi tentu ada beberapa kendaraan eksekutif yang tidak diatur dalam keputusan bersama. Tapi ada juga daftar tarif ekonomi yang diatur berdasarkan surat Meteri Perhubungan, dan ini tentu menjadi pengangan di setiap loket," ujar Foke.

Santun Sianturi (42), penjual Tiket PO PT ALS (Antar Lintas Sumatera) mengatakan, Gubernur DKI itu berbincang mengenai penjualan tiket di loket tempatnya bekerja. "Tadi ditanya sama Gubernur, 'arus mudiknya ramai apa nggak?' Saya jawab sepi. Saya bilang pengaruhnya mudik gratis," ujar wanita itu.

Santun juga mengatakan, selain itu, Foke juga menanyakan kepadanya mengenai tarif bus. "Saya bilang kalau Eksekutif AC-Toliet, jurusan Jakarta-Medan itu Rp 510.000. Terus ditanya lagi, 'daerah mana yang banyak pemudik?' Saya jawab, daerah Padang Sidempuan, via Toba," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo meninjau arus mudik Lebaran dan kesiapan layanan angkutan mudik di Terminal Pulogadung. Dalam kunjungannya, Foke, sapaan akrabnya, menyambangi beberapa tempat di dalam Terminal Pulogadung. Foke pun berjalan mengelilingi Terminal Pulogadung, didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Udar Pristono, Waka Polda Metro Jaya, Brigjen (Pol) Suhardi Alius, Kapolrestro Jakarta Timur Komisaris Besar Saidal Mursalim, Kepala Terminal Pulogadung HM Nur.

Dari pantauan Kompas.com, hampir setiap sudut terminal dikelilingi oleh Foke berserta rombongan. Termasuk di hatle busway yang ada di dalam terminal. Sesekali Foke menyalami pemudik dan mengucapkan selamat bermudik. Selain itu Foke juga berjabat tangan dengan karyawan PO bus di dalam terminal. Kedatangan Foke menyedot perhatian banyak orang yang ada di terminal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com