Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lingkar Gentong Belum Bisa Dioperasikan

Kompas.com - 13/08/2012, 17:03 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- Jalur Lingkar Gentong di Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, belum bisa dioperasikan setelah uji coba yang digelar hari ini, Senin (13/8/2012) pagi tadi, menunjukan kondisi jalan masih labil.

Ruas jalan lingkar sepanjang 1,5 kilometer itu rencananya akan dioperasikan mulai hari ini, namun karena kondisi jalannya masih labil maka masih akan dilakukan penyelesaian di jalur yang masih labil itu.

Pada Senin pagi, sejumlah kendaraan, terutama bus padat penumpang dialirkan ke jalur lingkar Gentong, namun sebuah bus tidak bisa menanjak karena kondisinya masih bergelombang.

"Jalur ini belum bisa dioperasikan hari ini, akan disiapkan untuk beberapa hari ke depan," kata salah seorang petugas pengerjaan proyek di sana.

Pengaspalan jalan itu sebenarnya sudah tuntas pada Sabtu lalu, namun di beberapa titik masih memerlukan penanganan untuk memastikan jalur benar-benar siap dilintasi. Termasuk pemasangan listrik bertenaga surya yang dipasang di kawasan itu.

Sebelumnya, jalur lingkar itu akan dioperasikan mulai H-7, untuk mengalirkan arus lalu lintas yang menanjak dari arah Tasikmalaya ke Bandung. Akibatnya, arus kendaraan kembali dialirkan melalui jalan gentong lama secara dua arah, yang beberapa kali terjadi kemacetan akibat adanya tikungan tajam yang memaksa kendaraan besar seperti bus harus mengurangi kecepatannya sehingga terjadi ketersendatan arus lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com