Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Sumut Bertekad Turunkan Angka Kecelakaan

Kompas.com - 10/08/2012, 12:55 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Sumatera Utara bertekad mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas selama Lebaran 2012. Untuk itu, Polda Sumut meningkatkan pelayanan, bukan hanya pengamanan.

Kepala Polda Sumut Inspektur jenderal Wisjnu Amat Sastro mengatakan hal itu seusai apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2012 di Lapangan Merdeka, Medan, Jumat (10/8/2012).

"Kami tidak hanya membangun pos pengamanan, tetapi juga pos pelayanan," ujarnya.

Polda mengerahkan 3.288 personel gabungan. Selain polisi dan tentara, anggota organisasi masyarakat, seperti Pemuda Pancasila, juga terlibat. Pos pelayanan ini diperuntukkan bagi sopir dan penumpang yang hendak beristirahat.

Mereka mendapat minum atau tidur di tenda yang disediakan polisi bekerja sama dengan perusahaan tertentu. Untuk menekan angka kecelakaan, kata Wisjnu, polisi bekerja sama dengan pemerintah daerah mengetes darah dan urine para sopir angkutan Lebaran. Bila mereka terbukti positif narkoba atau mabuk, sopir tersebut harus diganti dengan sopir serep.

Angka kecelakaan periode Januari-Juni 2012 mencapai 4.912 kasus. Dalam kecelakaan tersebut, sebanyak 1.086 orang meninggal dunia dan 2.430 orang luka berat. Namun, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011, angka tersebut mengalami kenaikan sampai 87,1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com