Kompas.com - 08/08/2012, 15:39 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang dan pada saat perayaan Idul Fitri, warga Jakarta banyak yang pulang mudik, meninggalkan rumah. Suasana ini kerap dijadikan aji mumpung para perampok untuk menjarah isi rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, para penjahat biasanya menandai rumah kosong dengan kondisi rumah yang sepi dan lampu depan selalu menyala meski siang hari. Secara umum, perampokan rumah kosong ini masuk dalam kategori kejahatan dengan pemberatan (curat).

"Kejahatan perampokan rumah kosong ini merupakan salah satu bentuk kejahatan yang akan diantisipasi dalam Operasi Ketupat Jaya selama 16 hari yang akan dilakukan nanti," ujar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Rabu (8/8/2012).

Polda Metro Jaya mencatat, aksi curat yang terjadi selama masa Operasi Ketupat Jaya 2011 cukup banyak, yakni 187 kasus. Jumlah ini meningkat 7 persen dibandingkan dengan Operasi Ketupat Jaya 2010, yakni 17 kasus.

"Ada sekitar 63 persen kasus curat terungkap pada tahun 2011," imbuh Rikwanto.

Dia menjelaskan, lokasi rawan rumah kosong yang disatroni maling relatif terjadi merata di kompleks dan perkampungan padat. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya.

"Rumah jangan ditinggalkan begitu saja, tapi beritahukan ke pengurus RT sampai ke satpam kompleks. Selain itu, berkoordinasi juga dengan kepolisian. Nanti dari binmas setempat juga akan aktif menyambangi," papar Rikwanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.