Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pemudik Sepeda Motor ke Jateng Naik

Kompas.com - 08/08/2012, 14:40 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KUDUS, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperkirakan pemudik pengguna sepeda motor yang masuk dan lewat Jawa Tengah meningkat. Untuk itu, pemerintah mengimbau pemudik agar tidak membawa penumpang lebih dari satu orang dan barang berlebihan.

Berdasarkan data Tim Pemantau Jalur Pantura Timur Jateng, pemudik yang masuk dan melintasi Jateng pada 2012 sebanyak 5,7 juta orang. Sebanyak 1,3 juta orang memilih menggunakan sepeda motor.

"Pengguna sepeda motor itu naik 6,16 persen dari tahun 2011," kata Ketua Tim Pemantau Jalur Timur Jateng Zubaidi di Kudus, Jateng, Rabu (8/8/2012).

Zubaidi menambahkan, untuk mengurangi jumlah pemudik bersepeda motor, pemerintah dan TNI telah menyediakan KRI Banda Aceh pulang-pergi Jakarta-Semarang. Kapal itu akan mengangkut 1.000 sepeda motor dan 1.500 penumpang.

Rencananya, kapal akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada 16 Agustus 2012. Adapun dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, kapal akan diberangkatkan pada 23 Agustus 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com