Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Perluasan Terminal Pelabuhan Digenjot

Kompas.com - 07/08/2012, 18:34 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com -- Menjelang Lebaran tahun ini, pemudik yang tiba di pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Sulawesi Selatan sudah mulai terlihat, umumnya penumpang ini berasal dari rantauan di Kalimantan Timur dan Malaysia. Untuk mencegah agar kendaraan tidak semerawut saat lonjakan penumpang, manajemen Pelindo kini memperluas terminal dan area parkir.

Ditemui di pelabuhan laut Nusantara Kota Parepare, Selasa (7/8/2012), Manajer Operasional Pelindo Kota Parepare, Burhan Bustan mengatakan, perbaikan dan perluasan parkir ini terus dikebut sebelum puncak arus mudik.

"Sejumlah alat berat kini dioperasikan untuk meratakan bangunan yang sudah dirubuhkan. Dana pembangunan dan pembebasan lahan parkir ini mencapai miliaran rupiah, untuk terminal bertaraf internasional dengan lantai dua," ujarna, Selasa (7/8/2012).

Sejumlah sopir angkutan penumpang mengaku lega dengan luasnya lahan parkir, sebab selama ini mobil hanya berdesak-desakan di jalan sekitar areal pelabuhan, akibatnya terjadi kemacetan.

"Selama percepatan pembangunan terminal dan perluasan area parkir, kami para sopir merasa tidak berdesakan dan tidak parkir secara semerawutan lagi," kata Agus, sopir angkutan umum antarprovinsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com