Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Penuh, Pemudik Disediakan Bus di Stasiun

Kompas.com - 03/08/2012, 14:42 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang yang ingin menggunakan kereta api (KA), Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Organda serta PT KAI menyiapkan bus di beberapa stasiun. Pemudik yang berencana naik kereta api akan disarankan untuk menumpang bus jika kereta sudah tidak mampu menampung lagi.

"Diharapkan bagi pemudik yang tidak naik kereta api karena keterbatasan yang ada, mereka bisa punya opsi untuk naik bus di stasiun tertentu," ujar Wakil Menteri (Wamen) Perhubungan Bambang Susantono di Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2012).

Menurut Bambang, rencana penyediaan beberapa bus untuk mengantisipasi lonjakan penumpang KA tersebut merupakan hasil kesepakatan antara Kementerian Perhubungan, Organda dan PT KAI. Rencana itu sudah dimatangkan oleh pihak-pihak tersebut.

Bambang menambahkan, hampir semua persiapan sarana, prasarana dan koordinasi secara bertahap sudah ditingkatkan. Ketersediaan jumlah sarana dan prasana juga sudah mencukupi.

"Sehingga ada lima kendaraan baru dan tiga rangkaian gerbong yang akan masuk ke armada. Diharapkan daya kapasitas KA meningkat," kata dia.

Bambang menuturkan, jalur yang paling besar arus mudiknya adalah tujuan mudik ke Jawa Tengah. "Itu (Jawa Tengah) yang paling besar arusnya. Kemudian Jawa Timur," ucap Bambang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com