Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Mudik, Pengamanan di Stasiun Ditingkatkan

Kompas.com - 01/08/2012, 10:25 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) akan meningkatkan pengamanan di stasiun-stasiun keberangkatan kereta di Jakarta menjelang Lebaran 2012. Peningkatan pengamanan yang akan dimulai pada h-7 ini akan dilakukan oleh personel gabungan aparat.

Demikian disampaikan Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi I (Daop 1) Jakarta Mateta Rizalulhaq di Stasiun Jatinegara, Jakarta, Selasa (31/7/2012). "Tentu nanti pengamanannya sendiri kami akan menyiapkan 750 personil gabungan. Ada dari Satuan Brimob dan Garnisun TNI, Polsuska, dan PKD. Para personil itu akan ditempatkan di stasiun pemberangkatan," kata Mateta,

Tak hanya di lingkungan stasiun, petugas pengamanan juga akan menjaga keamanan di dalam kereta api. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemudik di dalam gerbong kereta. Pengamanan di setiap gerbong dilakkukan oleh satu orang  petugas keamanan dan satu orang Brimob.

Sementara itu, sistem boarding pass juga tetap berlaku seperti tahun sebelumnya. Hal ini, sambungnya, selain menjaga ketertiban dan kelancaran di stasiun, juga bertujuan mencegah adanya penumpang yang menaiki kereta yang salah.

"Kami pakai sistem boarding pass, dimana tiket pada saat beli harus sesuai dengan identitas diri dengan KTP. Pertama ada pemeriksaan di portir, kemudian dipersilahkan ke ruang tunggu. Pada saat kereta sudah siap untuk diberangkatkan, penumpang baru dipersilahkan berada di peron," jelas Mateta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com