Kompas.com - 31/07/2012, 14:01 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pencurian rumah yang tak berpenghuni mulai marak terjadi. Kali ini, kawanan pencuri mennyasar kediaman milik Istan Sultana Damanik di Perumahan Griya Cileungsi 3 Blok A4 Nomor 2, Cileungsi, Jawa Barat. Pelaku mulai melancarkan aksinya saat rumah ditinggal oleh sang pemilik.

Istan mengungkapkan, ia dan keluarganya baru mengetahui musibah tersebut Senin (30/7/2012) malam. Ia mendapat laporan dari salah seorang tetangganya yang terkejut, bagian pagar dan pintu rumah telah dalam kondisi rusak akibat dijebol para pelaku.

"Jadi itu rumah kedua. Tiap sore, saya biasa kasih makan ayam di rumah itu. Pas sore saya pulang, sempat berpapasan dengan pelaku yang pakai mobil Suzuki APV berwarna hitam," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (31/7/2012).

Ia meyakini mobil tersebut adalah mobil pelaku. Pasalnya, kuli bangunan yang tengah bekerja di samping rumah sempat mengetahui keberadaan mobil berpelat polisi F 1779 GS yang diparkirkan di samping rumah korban. Semula, para kuli bangunan tak mencurigai aksi para pelaku karena mengira saudara korban.

"Mobilnya diparkir di samping rumah, terus satu orang tinggi besar, hitam, pakai kalung masuk ke rumah. Pas dilihat lagi sama kuli bangunannya, ternyata pelaku masuk dengan membobol gembok," katanya.

Berdasarkan keterangan para kuli bangunan, pelaku berjumlah tiga orang. Satu orang bertugas sebagai eksekutor, dua orang lagi menunggu di mobil. Ketiganya pun memiliki ciri fisik yang sama, yaitu berkulit hitam dan memakai jaket kulit berwarna hitam.

"Pelaku bawa barang-barang elektronik, karena di rumah itu nggak ada uang tunai. Total kerugian Rp 2 juta. Saya sudah lapor peristiwa ini ke Polsek Cileungsi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.