Kompas.com - 27/07/2012, 22:27 WIB
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah diprotes warga karena telah menutup akses terminal bayangan di Tol Jatibening, Jasa Marga menyiapkan dua alternatif bagi para penumpang.

Kedua alternatif itu akan disampaikan kepada pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Hal tersebut disampaikan Kepala Cabang Tol Jakarta-Cikampek PT Jasa Marga, Yudi Krisyunoro, Jumat (27/7/2012) malam, saat dihubungi wartawan.

"Sebenarnya ada beberapa alternatif untuk solusi jangka panjang yang bisa dilakukan. Ini akan kami bicarakan ke Dishub Bekasi besok," ucap Yudi.

Alternatif pertama, katanya, adalah dengan membangun terminal transit di luar tol seperti yang terjadi di Tol Kebon Jeruk.

Dengan sistem seperti itu, Yudi menuturkan, penumpang tidak akan menunggu bus di dalam ruas tol. Namun, alternatif pertama ini bukannya tanpa kendala.

Terbatasnya lahan dan bedanya ketinggian jalan menjadi persoalannya.

"Alternatif ini sepertinya tidak mungkin karena perlu lahan, sementara lahan sangat terbatas. Selain itu, jalan di luar lebih tinggi dari jalan dalam tol," ucap Yudi.

Sementara itu, alternatif kedua yang disiapkan yakni dengan menyediakan areal khusus menaikkan dan menurunkan penumpang di dalam tol.

"Lokasinya hanya berjarak 50-100 meter dari lokasi terminal bayangan arah Cikampek ke Jakarta," papar Yudi.

Lokasi itu sebelumnya adalah pool derek Jasa Marga. Semua alternatif akan didiskusikan bersama dengan Dinas Perhubungan Bekasi.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.