Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disidak Bupati, Penjual Daging Mendadak Turunkan Harga

Kompas.com - 19/07/2012, 12:52 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Harga daging sapi di sejumlah pasar di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, langsung turun setelah Bupati Pamekasan, Kholilurrahman dan petugas Dinas Perindustrian Perdagangan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar, Kamis (19/7/2012). Sebelum romobongan sidak datang, harga daging sapi Rp 60 ribu per kilogram. Namun setelah disidak, tiba-tiba turun menjadi Rp 50 ribu per kilogram.

Hal itu diakui oleh Mafluhah, pembeli di Pasar Kolpajung Pamekasan. Dia mengaku heran terhadap penjual yang tiba-tiba menurunkan harga daging secara mendadak. "Saya belinya (daging sapi, red) tadi per kilogram Rp 60 ribu. Setelah saya belanja kebutuhan yang lain, ternyata harga daging turun Rp 10 ribu," terangnya.

Setelah Mafluhah bertanya kepada teman-temannya yang lain, ternyata penurunan harga daging sapi karena ada sidak Bupati. Penjual ini pula, saat ditanya rombongan sidak, mengaku harga daging Rp 50 ribu per kilogram.

Sumiati, salah satu penjual daging sapi di Pasar Kolpajung saat ditanya soal penurunan harga yang tiba-tiba, mengaku karena pembeli sepi menjelang bulan Ramadhan. "Sepi tidak ada pembeli, jadi harga terpaksa turun," kilahnya.

Ditemui setelah sidak, Bupati Pamekasan, Kholilurrahman meminta kepada seluruh masyarakat agar ikut memantau perkembangan harga kebutuhan pokok. Jika terjadi ketidakstabilan harga, secepatnya dilaporkan ke pemerintah. "Pemerintah nanti bisa menggelar pasar murah kalau harga tidak stabil. Namun sampai saat ini, harga dan kebutuhan bahan pokok masih terkontrol," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com