Kompas.com - 17/07/2012, 13:33 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sistem operasi Microsoft Windows biasanya tersedia dalam beberapa versi seperti "Basic", "Professional", atau "Ultimate" yang bisa dibeli dalam bentuk DVD retail full-box.

Di masa depan kemungkinan hal tersebut tak akan berlaku lagi karena Microsoft berencana untuk merampingkan sistem operasi terbarunya, Windows 8, dengan hanya menyediakan pilihan versi terbatas.

Seperti dilansir oleh The Verge dari Insideris.com, saat dirilis pada Oktober nanti, Windows 8  dikabarkan tak akan tersedia dalam paket retail full-box, melainkan berupa DVD upgrade dan "System Builder Kit".

Apa bedanya? DVD retail full-box merupakan paket sistem operasi utuh yang bisa dipasang pengguna pada komputernya, baik baru maupun lama. Sedangkan versi updgrade mensyaratkan adanya sistem operasi sebelumnya.

Paket DVD Windows 8 upgrade ditujukan bagi pengguna Windows versi sebelumnya yang ingin mencicipi sistem operasi baru tersebut, sementara paket System Builder Kit tak lain merupakan paket OEM Windows 8  yang dimaksudkan untuk perakit PC yang ingin melakukan clean-install Windows.

Selama ini, tak seperti paket retail full-box, paket OEM datang tanpa dukungan support via e-mail dan telepon dalam jangka waktu 90 hari setelah aktivasi. Harganya juga lebih murah.

Sebagai perbandingan,  paket full-box (retail) Windows 7 Professional dibanderol seharga 299 dollar AS, sementara paket OEM Windows 7 Professional cukup ditebus dengan 134 dollar AS.

Harga paket OEM Windows 8 masih belum diketahui, tetapi harga paket upgrade DVD disinyalir berkisar di angka 40 dollar AS.

Windows 8 hanya terdiri atas 2 versi: Windows 8 dan Windows 8 Pro. Selain melalui DVD, pengguna  Windows XP, Vista, dan 7 dapat melakukan upgrade ke Windows 8 Pro lewat Internet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.