Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlibur Sambil Belajar di Alam Terbuka

Kompas.com - 15/07/2012, 04:33 WIB

Sebagian dari kita menganggap pelajaran Sains dan Matematika pelajaran yang menyeramkan. Padahal kalau kita tahu rahasianya, pelajaran tersebut sangat menyenangkan. Tidak percaya? Teman-teman peserta Fun Science Camp membuktikannya. 

Acara berlibur bersama dalam Fun Science Camp yang diikuti sekitar 300 anak usia 9-13 tahun berlangsung seru dan menyenangkan.

Kegiatan ini diadakan oleh Kompas Anak, harian Kompas, kompas.com, dan kompas TV bekerja sama dengan IM3 dan Kota Baru Parahyangan.

Selain bermain berbagai games, selama tiga hari dari 5-7 Juli 2012, teman-teman diajak belajar mandiri, mengenal alam dari dekat, dan tentu saja pelajaran fisika, matematika, kimia, dan bio- logi dengan cara kreatif dan menyenangkan.

Dibimbing oleh tim Eureka, peserta Fun Science Camp diajak melakukan praktek dengan alat peraga agar bisa melihat langsung materi yang diberikan.

Seperti saat praktek pelajaran kimia, teman-teman belajar tentang larutan asam, basa, dan pengenalan tentang kertas lakmus di bawah bimbingan Kak Suryo Ganda Sasmita dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sedang pada pelajaran biologi teman-teman melihat langsung kehidupan penyu hijau (Chelonia midas), mulai dari kebiasaan, cara berkembang biak, teori kepunahan pada zaman purba, hingga bagaimana penyu hijau dikaitkan dengan nilai budaya.

Dalam Fun Science Camp, selain Kak Suryo Gandasasmita, ada Kak Alexander dibantu Kak Hendra Gunawan, dan Kak Anggraeni Barlian.

Peserta Fun Science Camp juga ditantang membuat dua jenis proyek dan satu proyek membuat kapal laut. Yang menarik, semua harus dibuat dari bahan-bahan bekas..

Mereka boleh memilih membuat kincir angin, filter air, kompor matahari dari wajan dan alumunium foil, alat musik dari botol atau pipa plastik, dan kapal laut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com