Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Kemenkertrans Dijaga 700 Polisi

Kompas.com - 12/07/2012, 16:53 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah buruh KSPI yang tergabung dari berbagai aliansi mulai mendatangi Kantor Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, untuk menyampaikan tuntutannya atas kebijakan mengenai upah buruh dan outsourcing yang dianggap menyengsarakan kehidupan mereka.

Dalam pengamanan sendiri pihak kepolisian sudah menyiapakan petugas kepolisan sebanyak 700 personel.

"Ada 6 Satuan Setingkat Kompi (SSK), gabungan dari Mapolda Metro, Polres Selatan dan Polsek-Polsek setempat," Jelas Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Imam Sugianto, di Kantor Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kamis (12/7/2012).

Ia mengatakan, pihaknya akan menghimbau massa untuk menggelar aksi unjuk rasa sendiri sampai pukul 18.00 WIB." Jika memang mereka tidak mau bubar, kami akan menhimbau dan bernegoisasi secara persuasif," ujarnya.

Sebelumnya, masa berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia, mereka kemudian melakukan long march ke Istana Negara, kemudian mereka melakukan aksinya di Kementerianan Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

KSPI merupakan gabungan dari berbagai organisasi buruh, antara lain, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Federasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (FSP ISI), Serikat Pekerja Percetakan Penertiban dan Media Informasi (SP PPMI), dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com