Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demonstran Masuki Kawasan Monas

Kompas.com - 12/07/2012, 15:10 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para demonstran buruh yang hendak melakukan demo di beberapa obyek vital di Jakarta kini bergerak memasuki Monas. Tidak tampak para demonstran yang berhenti berorasi di depan Istana Negara seperti biasa.

Kepala Polres Jakarta Pusat, Kombes Angesta Romano Yoyol, mengatakan bahwa para demonstran memasuki areal Monas karena lokasi  yang dituju selanjutnya lebih dekat ditempuh jika memasuki kawasan Monas.

"Ini mereka masuk ke Monas karena kalau memutar dari luar nanti lebih jauh. Jadi memilih untuk masuk saja," kata Yoyol saat dijumpai di Monas, Jakarta, Kamis (12/7/2012).

Ia juga menjelaskan bahwa rombongan demonstran yang sebelumnya bergerak dari Bundaran Hotel Indonesia ini akan memecah konsentrasi massa ke beberapa kantor Kementerian.

"Massa dari Monas akan terpecah ke beberapa lokasi yang memang menjadi titik konsentrasi mereka sekitar pukul 14.00," ungkap Yoyol.

Beberapa lokasi yang akan dituju oleh demonstran yang berasal dari aliansi buruh ini adalah Kantor Kementerian Keuangan, Kantor Kementerian Perekonomian, Kantor Kementerian Agama dan Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Seperti diketahui, sekitar 30.000 demonstran yang berasal dari aliansi buruh Jababeka ini menuntut agar sistem outsourcing dihapuskan. Mereka juga meminta pemerintah merevisi Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permennakertrans) Nomor 17 Tahun 2005 tentang Kehidupan Hidup Layak, menjadi 86-102 item.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com