Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal - Biem akan Buat Buku Pilkada

Kompas.com - 11/07/2012, 17:05 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Faisal Basri - Biem Benjamin berencana membuat buku untujk menuangkan pengalaman keduanya dalam mengikuti Pilkada DKI Jakarta sebagai calaon dari independen. Sehingga, pengalamannya tidak menjadi sia-sia dan dapat dijadikan pelajaran bagi mereka yang akan maju dalam Pilkada jalur independen.

Menurut Biem, berhasilnya calon independen masuk dalam Pilkada DKI dan mendapat suara, merupakan sinyal yang baik.

"Ini memang suatu sinyal yang positif, yang baik. Idependen itu, walapun awalnya suatu yang sulit, sangat susah sekali. Dan, ini mememang perlu waktu. Kami menyadari itu, perlu waktu untuk ke bawah, ke masyarakat.  Memang selama ini melihat ke bawah, orang masih banyak bertanya-tanya, apakah itu independen," tutur Biem.

Faisal mengatakan, memang nasib dirinya, sebagai calon dari jalur idependen, tidak mendapat dukungan dana yang besar. Ia dan Biem maju ke pilkada, dengan modal saweran.

"Kalau sumber dana kami dari pribadi, saweran perorangan yang besarnya maksimal Rp 50 juta dan dari perusahaan yang masimal Rp 300 juta. Kalau dari partai ada sumber dana lagi yang unlimited. Partai mau kasih Rp 100 miliar pun tidak masalah. Tapi itulah nasib independe,L" katanya.

Namun demikian, lanjut Faisal, ia dan Biem tidak kecewa. Justru, pengalaman bersama Biem dan tim suksesnya, akan ditunagkan dalam buku. "Kami akan buat buku, yang mempermudah learning process di tempat lainnya, yang independen juga," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com