Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Pemimpin Rukun, Akar Rumput Rukun

Kompas.com - 11/07/2012, 13:36 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menyempatkan diri untuk menyambangi cagub lainnya, Hidayat Nur Wahid, di Markas Pemenangan Hidayat+Didik, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (11/7/2012). Seusai bertemu secara tertutup, pria yang kerap disapa Jokowi itu menyatakan bahwa kedatangannya menemui Hidayat semata-mata untuk bersilaturahim.

Keduanya ingin menunjukkan kepada pendukung masing-masing bahwa di tengah persaingan menuju DKI-1, para pemimpin tetap rukun. "Kami ingin tunjukkin bahwa jangan sampai pilkada jadi panas. Wong pemimpinnya saja bisa rukun kayak gini," kata Jokowi.

Selain untuk menghindari konflik di tingkat akar rumput, Jokowi juga menjelaskan bahwa dalam pertemuan tadi masing-masing tim berbagi informasi seputar pelaksanaan pemungutan suara dan kisruh tentang daftar pemilih tetap (DPT). "Kita bicara banyak soal DPT. Kami harap agar DPT bersih dan jadi DPT yang benar dan bisa digunakan untuk pilkada yang bersih," kata Wali Kota Solo itu.

Sementara itu, Hidayat selaku tuan rumah membenarkan sering terjadinya benturan antarpendukung di akar rumput. Karena itu, ia berharap pendukung masing-masing kubu bisa akur dalam menjaga kedamaian selama berlangsungnya proses pilkada.

Seusai bertemu dengan Hidayat, Jokowi dan timnya langsung menuju ke markas mereka di Jalan Borobudur, Jakarta Pusat. Sebelumnya, ia berencana untuk menyambangi markas semua pasangan kandidat untuk bersilaturahim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com