Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPT Jaktim Susut 4.000, KPU Pastikan Tepat Sasaran

Kompas.com - 10/07/2012, 19:55 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Daftar pemilih tetap di wilayah Jakarta Timur menyusut sebanyak 4.000 pemilih. Hal tersebut dilakukan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI memutuskan mencoret pemilih yang dianggap ganda di seluruh Jakarta.

"Ada penyusutan atau berkurang sekitar 4.000 orang. Namun, jumlah TPS-nya tetap 4.162 TPS," ujar anggota KPU Kota Jakarta Timur, Monang Butar-Butar, Selasa (10/7/2012).

Monang menuturkan, sebelumnya jumlah pemilih dalam DPT di Jakarta Timur 1.996.747 orang. Setelah keputusan tersebut, jumlahnya menyusut menjadi 1.992.747 orang. Jumlah tersebut tersebar di 10 kecamatan dan 65 kelurahan.

Secara terpisah, Ketua KPU Wilayah Jakarta Timur Chairil Anwar memastikan bahwa penyusutan DPT tersebut tepat sasaran. Artinya, pemilih yang dicoret adalah pemilih yang ganda, bukan pemilih yang memiliki hak pilih. Chairil menegaskan, pihaknya akan mengakomodasi hak pilih setiap warga negara.

Sementara itu, pendirian tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Jakarta Timur telah selesai malam ini, termasuk distribusi logistik pilkada. "Sudah semua, yang rusak-rusak sudah diatasi semua. Kalau TPS, ya, sudah semualah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com