Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Lima Menteri Cek Isu Penundaan Sail Morotai

Kompas.com - 03/07/2012, 12:15 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Sebanyak lima menteri dijadwalkan kembali berkunjung ke Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara Rabu (4/6/2012) besok untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Sail Morotai. Rencana kunjungan ini karena menyusul kabar Sail Morotai tidak siap dilaksanakan September mendatang. Alasannya, infrastruktur pendukung Sail Morotai hingga saat ini masih banyak yang belum selesai.

Kelima menteri yang dijadwalkan berkunjung ke Morotai besok di antaranya Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutarjo. Kelima menteri ini kabarnya berkunjung ke Morotai untuk memastikan kesiapan Sail Morotai yang bakal digelar September 2012.

Gubernur Maluku Utara, Thaib Armayin lebih dulu tiba di Morotai Selasa (3/6/2012) siang ini. Kunjungan Thaib ini untuk mendampingi kunjungan 5 menteri besok. Thaib mengakui, rencana kunjungan kelima menteri tersebut menyusul adanya kabar tidak sedap tentang kesiapan pelaksanaan Sail Morotai yang tidak sampai 100 hari lagi.

"Ini karena ada bisikan ke atas (Presiden). Jadi kedatangan menteri besok untuk mengecek kebenaran itu. Tapi sebelumnya menkokesra sudah melaporkan bahwa isu tersebut tidak benar. Yang pasti nanti besok lima menteri ini melihat secara langsung di lapangan," ungkap Thaib, Selasa (3/7/2012).

Thaib mengakui kabar tidak sedap yang sampai ke Istana bahwa infrastruktur pendukung Sail Morotia belum selesai dikerjakan. Akibatnya, pelaksanaan Sail Morotai yang sedianya direncanakan 15 September 2012 tidak siap. Selaku gubernur Maluku Utara, Thaib lantas menegaskan pelaksanaan Sail Morotai tetap diselenggarakan pada 15 September mendatang sesuai agenda.

"Iya memang masih banyak infrastruktur yang belum selesai karena saat ini masih kerjakan. Tapi itu sudah bisa tuntas dalam waktu dekat ini. Tapi nantilah, besok kita kunjungan ke lokasi sama-sama dengan menteri dan kita sampaikan," jelas Thaib.

Mendampingi Thaib, Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua juga menyampaikan hal yang sama. Menurut Rusli, pihaknya siap menyukseskan even Sail Morotai yang dijadwalkan September 2012 mendatang. "Kami sampai saat ini masih tetap optimistis kok. Jadi kita semua harus optimistis, semua infrastruktur sudah bisa selesai sebelum Sail (Morotai)," ujar Rusli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com